Gubernur Edy Rahmayadi Dampingi Presiden Jokowi Buka Rakernas GAMKI

MEDAN, detektifmonitor.com – Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Edy Rahmayadi mendampingi Presiden Republik Indonesia Joko Widodo (Jokowi) membuka Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Gerakan Angkatan Muda Kristen Indonesia (GAMKI) di Medan. Ia menyampaikan adaa beberapa kegiatan tingkat nasional yang dihadiri Presiden di Sumut.

 

Adapun kegiatan tingkat nasional yang dihadiri Presiden di antaranya Muktamar Ikatan Pelajar Muhammadiyah dan Rakernas GAMKI di Medan. “Kita apresiasi kehadiran Presiden di Sumut, kita juga apresiasi kegiatan-kegiatan berskala nasional diadakan di Sumut,” kata Edy Rahmayadi usai Pembukaan Rakernas GAMKI di Lapangan Benteng, Medan, Sabtu (19/8).

 

Ia mengharapkan, kegiatan-kegiatan tersebut tidak hanya bermanfaat bagi pelaksana kegiatan, tetapi juga dapat bermanfaat besar bagi Sumut. “Kita harapkan kegiatan skala nasional ini juga dapat memberi manfaat bagi masyarakat Sumut,” kata Edy.

 

Presiden Joko Widodo dalam sambutannya di pembukaan Rakernas tersebut menyampaikan banyak hal. Mulai dari kekompakan antarsesama anak bangsa, hingga pentingnya menjaga hilirisasi di Indonesia.

 

Mengenai kekompakan anak bangsa, Jokowi menyampaikan hal tersebut mesti dijaga. Apalagi di masa menjelang Pemilu, kekompakan mestilah dijaga. Ia mengingatkan sesama anak bangsa janganlah bermusuhan lantaran Pemilu.

 

“Ini yang sering kita lupa. Karena pasti ada yang menang. Pasti ada yang kalah. Dan sebaiknya yang menang mengajak yang kalah. Karena persatuan saat ini sangat penting. Kekompakan sangat penting sekali,” ujar Jokowi.

 

Selain itu, Jokowi juga mengatakan pentingnya hilirisasi. Ia menyontohkan, hilirisasi nikel yang sudah dilakukan Indonesia. Sebelum melakukan hilirisasi, keuntungan dari ekspor nikel hanyalah Rp 32 triliun. Namun setelah dilakukan hilirisasi, keuntungan yang didapat berlipat lipat menjadi hingga Rp 510 triliun.

 

READ  Wakil Bupati Pakpak Bharat Buka Forum Konsultasi Publik Penyusunan Rancangan Awal RKPD Kabupaten Pakpak Bharat Tahun 2025

“Jadi jangan ekspor bahan mentah, nanti tolong diingatkan pemimpin yang akan datang jangan ekspor bahan mentah, rakyat harus berani mengingatkan mengenai itu,” kata Jokowi.

 

Turut hadir pada kesempatan tersebut Panglima TNI Yudo Margono, Kabaintelkam Komjen Pol Suntana, Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Dito Ariotedjo, dan Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Sumut. (rilLis)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *