KPU Batu Bara Gelar Simulasi Pemungutan dan Penghitungan Surat Suara (PUTUNGSURA)

 Batu Bara ( Demon ) , Komisi Pemilihan Umum (KPU) Batu Bara menggelar simulasi pemungutan dan penghitungan surat suara (Putungsura) , serta penggunaan aplikasi Sistim Rekapitulasi Suara (Sirekap) dalam rangka persiapan Pemilu serentak 2024. dalam kurun waktu satu bulan lagi,

Pada simulasi tersebut, KPU Batu Bara ikut sertakan warga setempat dan Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Se Kabupaten Batu Bara dengan berbagai teknis dalam pencoblosan yang berlangsung di aula perkebunan tanah gambus , Kecamatan Lima Puluh, Kabupaten Batu Bara, Rabu (24/01/2024).

Ketua KPU Batubara Erwin mengatakan, simulasi bertujuan untuk mempersiapkan dan mensosialisasikan pelaksanaan tahapan pemungutan dan penghitungan suara pada Pemilu 2024 agar berjalan aman, tertib, lancar dan demokratis.simulasi juga bertujuan agar dalam Pemilu nanti dapat digunakan sebagai pedoman KPPS, PPS dan PPK. Selain itu, juga sebagai uji coba praktek kesiapan mereka sesuai regulasi keputusan KPU Nomor 66 Tahun 2024 tentang Penghitungan dan Pemungutan Suara di TPS.

Lewat simulasi, Erwin berharap dapat memberikan sosialisasi dan pemahaman kepada masyarakat, serta penyelenggara Pemilu di tingkat desa dan kecamatan. “Sehingga nantinya dapat menjadi acuan tentang pemungutan dan penghitungan suara, sesuai peraturan KPU Nomor 25 tentang pemungutan dan penghitungan suara dalam Pemilu,” ujarnya.

“Simulasi yang dilakukan juga untuk mengetahui Tata cara pemungutan suara,dari pendaftaran, pencoblosan hingga penghitungan suara , serta  estimasi waktu  masyarakat memilih diberikan pemahaman tentang penggunaan lima jenis surat suara ( Presiden/Wakil Presiden, anggota DPD, DPR RI, DPRD Propinsi dan DPRD Kabupaten)  , dan lengkap dengan perangkat Tempat Pemungutan Suara (TPS), petugas Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) hingga Perlindungan Masyarakat (Linmas). dalam proses pemungutan suara Dan dalam simulasi ini, supaya mempunyai gambaran real proses pemungutan dan penghitungan suara di TPS,” sebutnya.

READ  Sambut HUT ke-74 Kodam I/BB, Pangdam Gelar Baksos Serentak ke Panti Asuhan

Hadir, perwakilan Forkopimda, Bawaslu, PPK se – Kabupaten Batu Bara serta undangan lainnya(NURKUMALA SARI/SNJ)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *