Kunjungi Sumut, Dubes Malaysia dan Wagub Sumut Sepakat Pererat Kerja Sama Bilateral

Medan, Detektifmonitor.com – Wakil Gubernur (Wagub) Sumatera Utara (Sumut) Musa Rajekshah menyambut kunjungan Duta Besar (Dubes) Malaysia untuk Indonesia, Dato’ Syed Mohamad Hasrin bin Tengku Hussin di Rumah Dinas Jabatan Wagub, Jalan Teuku Daud, Medan, Kamis (24/8).

 

Kunjungan ini menjadi wadah silaturahmi sekaligus membahas berbagai hubungan bilateral antar dua negera serumpun ini. Wagub dan Dubes sepakat kerja sama yang telah terjalin harus terus dipererat.

 

“Pertemuan tadi, kita sampaikan ada beberapa peluang yang ada di Sumatera Utara untuk bisa dijajaki Pemerintah Malaysia atau pengusaha asal Malaysia untuk bisa berinvestasi di sini, yang kita harapkan ini bisa menjadi hal yang baik untuk peningkatan ekonomi, baik itu di Indonesia juga untuk Malaysia,” ujar Ijeck, sapaan akrab Musa Rajekshah.

 

Ijeck menyampaikan hubungan bilateral baik sektor pariwisata, kesehatan, pendidikan, pertanian dan lainnya, antara Malaysia dan Sumatera Utara sudah lama terjalin baik, apalagi sebelah utara batas daratan Pulau Sumatera adalah Malaysia dan Singapura.

 

“Pariwisata, kita juga banyak destinasi wisata apalagi sekarang kami Pemerintah Sumatera Utara termasuk juga dari pemerintah pusat tengah mengembangkan potensi Danau Toba yang telah ditetapkan menjadi Destinasi Pariwisata Super Prioritas. Kita harapkan juga kunjungan turis-turis dari Malaysia bisa lebih meningkat,” kata Ijeck.

 

Tak sampai itu saja, kerja sama di bidang pendidikan juga masih terus berlangsung. “Kita mau meningkatkan kembali. Ini menjadi hal baik karena kita tahu Sumut datarannya dan perairannya lebih dekat dengan Malaysia,” tutup Ijeck.

 

Dubes Malaysia untuk Indonesia, Dato’ Syed Mohamad Hasrin bin Tengku Hussin menyampaikan harapan yang sama. Hubungan bilateral dengan Indonensia khususnya Sumatera Utara harus bisa terus ditingkatkan, khususnya sektor pariwisata dan pendidikan.

READ  Wakil Bupati Pakpak Bharat Buka Rapat Forum Perangkat Daerah/Lintas Perangkat Daerah Dalam Rangka Penyusunan RKPD

 

“Harapannya kita mau hubungan ini dipererat lagi, khususnya di bidang yang mungkin berpotensi besar untuk kita kembangkan dintaranya kerja sama bidang pendidikan. Bukan hanya pertukaran pelajar tapi juga dari segi riset, pertukaran dosen dan sebagainya,” ujarnya.

 

Lanjutnya, hubungan baik antara Malaysia dan Indonesia sudah berlaku sejak lama. “Sebagai ukurannya tahun ini Pimpinan Malaysia dan Pemimpin Indonesia sudah saling berkunjung. Perdana Menteri Malaysia telah berkunjung ke Jakarta dan kali kedua ke Labuhan Bajo. Di peringkat kerja sama ekonomi, Indonesia merupakan rekan dagang terbesar keenam secara nasional,” katanya.

 

Sementara itu, tambah Dubes Malaysia, Sumut jadi provinsi terbesar keempat di Indonesia yang menyumbang besarnya jumlah perdagangan Malaysia dan Indonesia. “Sumatera Utara ini jadi yang terbesar keempat di Indonesia sebagai rekan dagang. Insya Allah, kita berusaha untuk meningkatkan jumlah dagangan ini ke depannya,” tutupnya.

 

Hadir mendampingi Dubes, Konjen Malaysia di Medan Aiyub Omar, Menteri Perwakilan Kedubes Malaysia Mohd Fuad Mat Sari, Menteri Penasihat Kedubes Malaysia Mohd Najeeb Abdullah, Atase Petahanan Kedubes Malaysia Brig Gen Azrin Iskandar Zulkaply dan lainnya.(ril-Lis)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *