Pangdam I/BB: Tugas Operasi Satgas Yonkav 6/NK akan Lebih Berhasil dengan Dukungan Rakyat 

Medan detektifmonitor.com – Kemampuan taktik dan teknik bertempur saja belum menjamin keberhasilan tugas tanpa adanya dukungan dari rakyat. Oleh karena itu, untuk memperoleh dukungan dari rakyat maka harus dilaksanakan pembinaan teritorial dengan baik, sehingga hasilnya mampu mengajak segenap komponen masyarakat untuk menjaga persatuan dalam keberagaman suku, agama, ras dan antar golongan untuk kepentingan nasional.

 

Penegasan ini disampaikan Pangdam I/BB, Mayjen TNI A Daniel Chardin, SE, MSi, diwakili Kasdam, Brigjen TNI Refrizal saat menutup Latihan Pratugas Operasi Pamtas RI-RDTL TA 2023 Satgas Yonkav 6/NK di Mako Yonkav Naga Karimata, Asam Kumbang, Medan, Senin (21/8/2023).

Kasdam juga mengingatkan, bahwa kemampuan di bidang teknik dan taktik tempur harus pula diimbangi dengan kemampuan pembinaan teritorial dan kemampuan intelijen.

 

“Karenanya saya pesan bahwa cara apapun yang dipilih dalam menjaga kondusifitas wilayah tidak boleh terperangkap oleh kepentingan kelompok atau kepentingan sesaat yang merugikan di kemudian hari,” ucap Brigjen Refrizal.

Pati TNI AD abituren Akmil 1990 itu menambahkan, latihan Pratugas selama 12 hari ini bukan sekadar latihan yang bersifat aplikasi dari berbagai pengetahuan dan keterampilan yang diterima, namun sekaligus merupakan rangkaian kegiatan latihan dalam rangka menyiapkan tugas operasi dengan tujuan meningkatkan kemampuan Satgas Yonkav 6/NK.

 

“Sekali lagi saya tekankan, kalian harus memiliki naluri intelijen, naluri teritorial, dan naluri bertempur yang baik serta disiplin tempur dan militansi yang tinggi di lapangan, sehingga kalian akan siap menghadapi dinamika serta mengantisipasi ancaman yang ada di daerah operasi,” pungkas Brigjen Refrizal.

 

Sebelum mengakhiri amanat Pangdam I/BB, Brigjen Refrizal menyampaikan ucapan terima kasih kepada pelatih dan pendukung yang terlihat dalam latihan pratugas ini.

READ  Komitmen Polres Labuhanbatu : Ungkap Kasus Penyalahgunaan Narkotika Jenis Sabu Desa Pangkal Lunang Kecamatan Kualu Leidong, 2 Orang Tertangkap

 

“Tetap laksanakan evaluasi serta lakukan improvisasi dan inovasi dalam program latihan selanjutnya, sehingga diperoleh hasil latihan yang optimal,” tutupnya.

 

Turut hadir di acara, antara lain Danrindam I/BB, Kolonel Inf Charles Binsar Parulian, Danyonkav 6/NK selaku Dansatgas, Mayor Kav Ronald Tampubolon serta para Perwira Staf Yonkav 6/NK lainnya.

 

Sumber: Pendam I/BB

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *