Pemkab Samosir Gelar Pasar Murah Sebagai Upaya Pengendalian Inflasi, Menjaga Stok Dan Stabilitas Harga

Samosir (Demon) Sebagai upaya pengendalian inflasi dalam strategi ketersediaan, keterjangkauan, kelancaran dan komunikasi untuk memastikan keamanan bahan pokok yang akan dikonsumsi menjelang perayaan Hari Besar Keagamaan Nasional (HBKN) Hari Raya Idul Fitri 1445 Hijriah, Pemkab Samosir mengelar pasar murah di Terminal Pangururan-Desa Pardomuan I,(02/04/24).

Bupati Samosir Vandiko T. Gultom bersama Wabup Martua Sitanggang secara resmi membuka pasar murah yang ditandai dengan penyerahan beberapa jenis Bapokting kepada masyarakat yang berbelanja. Tampak Bupati dan Wabup berbaur serta ikut melayani masyarakat.

Selain membantu meringankan beban masyarakat dalam rangka memperoleh barang kebutuhan pokok, pasar murah digelar untuk menjaga keterjangkauan dan stabilitas harga, ketersediaan pasokan, kelancaran distribusi dan komunikasi yang efektif. Pemerintah Kabupaten Samosir menggelar pasar murah bekerja sama dengan Bank Indonesia Wilker Sibolga, Bulog cabang Siantar dan Distributor Minyak Goreng Toko Budiman Pangururan. Bahan Pokok berada dibawah harga jual di grosir maupun pengecer, untuk beras seharga Rp. 51.500/5 kg, Minyak Goreng Rp. 14.000,-, Cabai merah Rp. 38.000,- dan Bawang Merah Rp. 30.000,-.

Wakil Bupati Samosir Martua mengatakan, pasar murah digelar setelah melihat adanya fenomena kenaikan harga untuk memudahkan masyarakat mendapat bahan pokok penting dengan harga relatif terjangkau.

“Kehadiran pasar murah ini, harga relatif lebih murah dibanding harga dipasaran umum karena adanya subsidi pemerintah, masyarakat berhak mendapatkannya” kata Martua.

Ditambahkan bahwa Pemkab. Samosir selalu memantau perkembangan harga guna mengantisipasi terjadi lonjakan harga dengan monitoring rutin oleh dinas terkait melalui Kopnakerindag tetap memantau perkembangan harga. Wabup mengajak masyarakat untuk berbelanja, memanfaatkan pasar murah dengan bijak dengan berbelanja  sesuai kebutuhan dan tidak berlebihan.

Menjelang hari raya idul Fitri, Samosir akan banyak dikunjungi wisatawan, untuk itu Martua Sitanggang mengajak seluruh masyarakat dapat mari menjadi tuan dan nyonya rumah yang baik, saling menjaga keamanan ketertiban terutama kebersihan.

READ  Siswa Mts Darul Ilmi Belajar Di Ruangan Musholla ,,KEMENAG Deli Serdang Tutup Mata.

Kabag Perekonomian Setdakab. Samosir Tri Endis Manalu menjelaskan pasar murah digelar selama dua (hari ini) tgl 2 di Kecamatan Pangururan dan besok tanggal 03 April 2024 di Kecamatan Simanindo dan Onan Runggu.

Turut hadir, Wakil Ketua DPRD Kab. Samosir Pantas M. Sinaga, Pabung 0210 TU G. Sebayang, Asisten II Hotraja Sitanggang, Kadis Ketapang dan Pertanian Tumiur Gultom, Kadis Kopnakerindag Rista Sitanggang, Kadis Kominfo Immanuel Sitanggang dan beberapa pimpinan OPD lainnya.(pds)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *