PESONA WISATA KABUPATEN SAMOSIR

Kuliner UMKM sektor pendukung pariwisata Kabupaten Samosir

Seakan tak akan pernah ada habisnya jika kita berkunjung dan berwisata ke Danau Toba. Danau yang terbentuk dari aktivitas vulkanik Gunung Toba yang meletus di zaman purba sehingga meninggalkan jejak genangan air seluas 1.145 km2 dan merupakan danau terluas di Indonesia, setiap sudut daerahnya menyimpan sejuta pesona.

Sawah penduduk Desa Limbong Kec. Sianjur Mula Mula (foto BS)

Aneka ragam adat dan budaya dari suku-suku yang mendiami sekitar Danau Toba yang secara administratif wilayah meliputi 7 kabupaten : Samosir, Toba Samosir, Humbang Hasundutan, Tapanuli Utara, Karo, Simalungun dan Kabupaten Dairi menjadikan Danau Toba sebagai tempat tujuan wisata skala prioritas utama.

Sarana dan prasarana terus dibangun lewat dana APBD Pemerintah Provinsi Sumatera Utara dan dari APBN Pemerintah Republik Indonesia.

Kota Pangururan, kota yang menjadi pusat pemerintahan Kabupaten Samosir kini terus berbenah. Kota kecil itu kini tumbuh pesat dalam pembangunan pariwisata. Kota yang didapuk menjadi ibukota kabupaten, kini menjadi ikon baru pariwisata, terlebih setelah dibangunnya jembatan Tanah Ponggol yang eksotis, Waterfront City Pangururan, sebuah pertunjukan modern air mancur dengan gemerlap lampu warna-warni dan Patung Yesus di Sibea bea.

Pangururan kedepannya akan menjelma menjadi sebuah kota pariwisata yang akan saling melengkapi dengan Kota Parapat milik Kabupaten Simalungun yang lebih dahulu dikenal oleh para wisatawan.
Ada begitu banyak tujuan wisata yang tak akan lengkap dikunjungi hanya dalam waktu yang singkat. Sudut pesona alam Kabupaten Samosir sungguh memikat hati. Keindahan budaya Kampung Ulos, Huta Raja, uniknya makam-makam tua Raja Sidabutar dan rumah adat Batak Toba, Alam yang indah Bukit Holbung hingga sakralnya wisata supranatural Batu Sawan, Batu Hobon dan area Pusuk Buhit.

READ  Rapat Koordinasi Keamanan Desa Tanjung Garbus Di Pimpin Langsung Kepala Desa Hardono
Kuliner UMKM yang menyediakan sarapan pagi dan aneka kue (foto BS)

Kuliner UMKM sektor pendukung pariwisata Kabupaten Samosir

Seiring tumbuhnya pariwisata tentu tak terlepas dari tumbuhnya sektor ekonomi baru yang memunculkan perputaran uang yang cukup tinggi hal ini tentu memberikan pendapatan bagi masyarakat sekitar. Sektor pariwisata bukan hanya sekedar pesona alam tetapi meliputi banyak hal. Keramahtamahan masyarakatnya menjadi bagian yang tak terpisahkan dalam dunia industri pariwisata itu sendiri.

Dunia pariwisata memunculkan embrio ekonomi baru diantaranya dari sisi kuliner yang layak dikonsumsi semua orang dan layak disantap semua kalangan. Sehingga siapapun yang datang berkunjung akan betah dengan harga yang relatif terjangkau.

Rumah Makan Muslim Jayaro, yang berada di Jalan Nahum Situmorang, Pangururan hadir dengan sajian sarapan pagi Lontong Sayur, Nasi dengan aneka lauk pauknya dan aneka Jus serta aneka mie untuk malam harinya. Warung makan yang buka 24 jam ini dikelola oleh Mbak Wiwik asal dari Kotarih, Galang Kabupaten Deli Serdang. Sementara di daerah Tomok, hadir Rumah Makan Buk Linda yang berdekatan dengan Pelabuhan Ferry Tomok – Ajibata. Rumah makan yang menyajikan makanan ini soal harga tidaklah mahal. Selain untuk makan, warung ini dilengkapi dengan aneka minuman kopi, teh manis juga kue-kue “Kue-kue ini buatan kami sendiri, bukan mengambil dari orang lain pak, kami punya alat- alat mesinnya sendiri, saya ikut kakak yang lebih dulu buka usaha disini” ungkap Yudi Pratama (26 th). “Saya di sini sudah 3 tahun, tempat usaha ini kami sewa” ujar pria lajang yang berasal dari Kota Pangkalan Brandan,. Kabupaten Langkat kepada awak media pada Selasa, (18/6/2024).

Samosir kini berbenah menuju industri pariwisata yang maju, ramah dan bersahabat kepada para pengunjung. Perlahan namun pasti untuk merubah pola pikir warga masyarakat untuk selalu menjaga kebersihan di setiap sudut tempat wisata.
Pemerintah, pelaku usaha dan warga masyarakat harus bekerjasama memberikan citra positif bagi pengunjung agar lebih lama dan sering berkunjung menuju destinasi wisata Samosir yang penuh pesona. (Budi Sudarman)

READ  Kades Emplasmen Kualanamu Koko Kurniawan Diduga Perintahkan Perangkat Desa Cabut Plang Organisasi Wartawan IJBP

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *