Polres Samosir Turunkan 81 Personil Pengamanan Pelaksanaan Jalan Salib Jumat Agung

Samosir (Demon) Demi memastikan pelaksanaan Ibadah Jalan Salib dan  Jumat Agung Umat Kristen dan Katholik berjalan hikmat dan aman, Polres Samosir Menurunkan 81 orang Personil dari Satuan Samapta, Sat Lantas, Sat Binmas, Sat Pol Airud, Sat Reskrim, Sat Intelkam dan Polsek Jajaran untuk melakukan pengamanan. Jumat (29/03/2024).

“Pengamanan dilakukan pada beberapa gereja utama di Kab. Samosir yang melaksanakan Ibadah Jalan Salib dan Jumat Agung, dikhususkan pada Gereja Utama, Gereja Dengan Umat yang banyak, Gereja yang berada di pusat kota, pusat keramaian dan gereja yang berada dekat dengan Jalan Ringroad Kab.Samosir.

Pengamanan dilaksanakan oleh para Personel Polres Samosir sesuai dengan Surat Perintah Pengamanan,” ucap Kabag Ops Polres Samosir Kompol M Hasan S.H., M.H

“Pengamanan di mulai dari awal hingga berakhirnya Ibadah Jalan Salib dan Jumat Agung. Ini kita laksanakan guna menjaga kondisi keamanan dan ketertiban umat serta mencegah terjadinya gangguan, melakukan sterilisasi di gereja-gereja yang melaksanakan peringatan Wafat Yesus Kristus, bekerjasama dengan Pemuda dan Pengurus Gereja.

Selain itu, kita juga laksanakan pengaturan arus lalu lintas, mengatur parkir kendaraan dan pengecekan tas umat yang hendak memasuki gereja untuk mengantisipasi benda-benda yang dicurigai yang dapat mengganggu hikmatnya ibadah Jalan Salib dan Jumat Agung”. Ujarnya

Ditambahkannya “selain pelaksanaan pengamanan di Gereja, Personil Polres Samosir dan Polsek Jajaran bersama Personil Koramil juga melakukan Pengamanan, Pengawalan dan Pengaturan Arus Lalu Lintas Saat Berlangsungnya Ibadah Jalan salib yang langsung diperagakan / dilaksanakan beberapa gereja oleh Umat Katholik dan HKBP di Kab.Samosir.

Ibadah Jalan Salib ini adalah Ibadah untuk mengenang dan melihat kembali Perjalanan Yesus Kristus dalam memikul salib sejak dijatuhi hukuman mati hingga kematianNya di bukit Golgata dan Dikuburkan”.

READ  Rayakan Idul Fitri, Pj. Bupati Batu Bara Gelar Open House

“Seluruh Kegiatan Ibadah Jumat Agung dan Ibadah Jalan Salib yang dilaksanakan pada pagi hari berlangsung dengan aman dan lancar.

Untuk Gereja Katholik di Kab. Samosir juga akan melaksanakan Ibadah Jumat Agung pada pukul 15.00 WIb dan Polres Samosir juga akan melakukan Pengamanan.

Sebelumnya juga kita telah melaksanakan Pengamanan Ibadah Kamis Putih yang berjalan dengan aman dan lancar. Masih ada kegiatan Ibadah umat Kristen dan Katholik yang akan kita lakukan pengamanan hingga pada Ibadah Paskah nantinya”. Tutup Kompol M Hasan, S.H., M.H.(pds)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *