Wakil Bupati Pakpak Bharat Terima Kunjungan Tim eksplor jelajah Indonesian Fighter Tourism Association (IFTA)

Pakpak Bharat (Demon)Wakil Bupati Pakpak Bharat, H Mutsyuhito Solin, Dr, M.Pd berkesempatan bertemu Tim eksplor jelajah Indonesian Fighter Tourism Association (IFTA) yang sedang menjelajahi wilayah Kabupaten Pakpak Bharat pada Senin (18/3/2024).

Kepada Tim yang dipimpin langsung oleh Ketua Umum IFTA, Hendra Perdana ini, Mutsyuhito Solin bercerita banyak tentang kelebihan kayu kafur dan kemenyan yang tumbuh subur di wilayah Pakpak Bharat. Sebenarnya menurut peneliti BRIN, segala jenis kayu ada di hutan Pakpak Bharat, dan ada dua jenis kayu yang sangat legenda, yaitu kemenyan dan kafur.

Khusus kayu kafur ini sudah sangat dikenal dunia sejak zaman dahulu, dimana pedagang-pedagang Arab, Mesir dan Timur Tengah lainnya datang ke Barus untuk mencari Kapur Barus ini. Mereka tidak tahu kalau kapur barus yang kesohor ini sebagian besar berasal dari wilayah Pakpak Bharat, jelas Wakil Bupati.

Mutsyuhito Solin juga menjelaskan upaya-upaya yang telah dilakukan guna menyelamatkan hutan kafur di Kecamatan Pagindar. Ijin pemanfaatan perhutani sosial seluas 6.000 ha dari Kementerian Kehutanan dan Lingkungan hidup sudah kami peroleh, di sana sudah mulai dibangun beberapa sarana dan prasarana bagi pengunjung.

Saat ini kawasan eko wisata hutan kafur ini dikelola oleh Badan Usaha Milik Desa Sibagindar, jelas Wakil Bupati. Menanggapi hal ini, Hendra Perdana mengatakan bahwa mereka akan bergerak ke Pagindar sore ini (18/03/2024). Kami akan kesana sore ini pak, mohon dukungan dan doanya, kiranya bisa kami bantu pengembangan eko wisata hutan kafur ini menjadi sebuah objek yang bernilai, ucap dia. (Heriendi)

 

READ  Kapolres Samosir Pimpin Apel Gelar Pasukan Operasi Ketupat Toba 2024.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *