Bhabinkamtibmas dan Babinsa Sambangi Masyarakat Sekitar Objek Wisata Aek Sipitudai Kec. Sianjur Mulamula

Samosir (Demon) Aipda Lamtro Sagala Personil Bhabinkamtibmas Polsek Harian bersama Kopda J Baringin Personil Babinsa dari Koramil Harian mengunjungi masyarakat yang tinggal di sekitar lokasi Objek Wisata Aek Sipitudai Desa Aek Sipitudai Kec. Sianjur Mulamula Kab.Samosir. Kunjungan ini dilakukan sebagai bagian dari upaya pihak Kepolisian dan TNI untuk menjaga keamanan dan kenyamanan masyarakat, khususnya kepada wisatawan yang berkunjung ke lokasi objek wisata tersebut. (08/05/2024).

Objek Wisata Aek Sipitudai adalah objek wisata sakral yang dijadikan sebagai lokasi ritual oleh masyarakat sekitar dan pengunjung. Lokasi tersebut juga digunakan sebagai tempat mandi,  Yang saat ini Mata air diberi sekat karena kegunaannya sebagai pemandian sakral yakni yang dibedakan tempat untuk perempuan dan untuk laki-laki.

Bhabinkamtibmas dan babinsa bertemu dengan warga Desa Aek Sipitudai di Warung milik Nai Bronson Limbong. Selama kunjungan tersebut, Aipda Lamtro Sagala menekankan pentingnya kerja sama antara pengelola objek  wisata, Tiga Pilar Desa dan bersama masyarakat sekitar dalam menjaga keamanan dan ketertiban di area tersebut. Ia juga memberikan tips keamanan kepada pengelola objek wisata, mengingatkan mereka untuk selalu waspada terhadap potensi gangguan keamanan dan Setiap pengunjung yang datang agar disampaikan untuk menjaga kebersihan.

Kepada masyarakat sekitar objek wisata Aek Sipitudai Aipda Lamtro Sagala memyampaikan “kiranya kita berperilaku sopan, jaga etika, jangan menyuci piring, menyuci kain dan tidak buang kotoran di lokasi objek wisata Aek Sipitu Dai agar keasrian, kesakralan lokasi tersebut tetap terjaga.” Ucapa Aipda Lamtro Sagala.

Ditambahkannya “khususnya terhadap barang-barang Pengunjung / wisatawan yang tertinggal di sekitar lokasi Objek Wisata Aek Sipitudai agar diamankan dan dikembalikan, diberikan kepada Pengelola atau pemerintah desa untuk nantinya dikoordinasikan pengembalian barang tertinggal tersebut. Hal tersebut adalah nilai positif kita, yang dapat meningkatkan kepercayaan wisatawan kepada kita masyarakat sekitar dan meningkatkan kepercataan wiatawan untuk berkunjung kembali ke tempat kita.” Pungkas Aipda Lamtro Sagala.

READ  Kades Emplasmen Kualanamu Koko Kurniawan Diduga Perintahkan Perangkat Desa Cabut Plang Organisasi Wartawan IJBP

Ps Kasi Humas Polres Samosir Brigadir Vandu P Marpaung menyampaikan “Kami mendukung kemajuan pariwisata, Namun, kami juga menekankan pentingnya menjaga kebersihan, etika dan keamanan di tempat wisata ini. Kami berharap masyarakat sekitar dapat menciptakan lingkungan yang aman dan nyaman bagi semua. Bhabinkamtibmas dan Babinsa akan melakukan patroli dialogis rutin di sekitar area wisata ini untuk mencegah potensi tindak kejahatan dan memberikan rasa aman kepada pengunjung/wisatawan. Kami juga mengajak masyarakat setempat untuk melaporkan segala hal yang mencurigakan atau potensi gangguan keamanan.” ucapnya.

“Dengan kunjungan ini, diharapkan kolaborasi antara pengelola wisata, tiga pilar deaa  dan masyarakat dapat terus ditingkatkan dalam menjaga keamanan, etika dan kebersihan di tempat wisata Aek Sipitudai. Hal ini diharapkan dapat meningkatkan daya tarik wisatawan dan memaju kembangkan objek wisata Aek Sipitudai yang tentunya dapat meningkat perekonomian masyarakat sekitar dari efek Kunjungan Wisatawan.” Tutup Brigadir Vandu P Marpaung.(pds)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *