Pomdam I/BB Gelar Donor Darah Serentak Menyambut HUT ke-78 Pomad

Medan, (Demon) Pomdam I/BB beserta seluruh satuan jajarannya yang berada di Sumut, Riau, Sumbar, dan Kepri, menggelar kegiatan bakti sosial donor darah serentak pada Kamis (6/6/2024).

Di Markas Pomdam I/BB di Jl Sena Medan sendiri, kegiatannya diikuti 150 peserta gabungan dari Keluarga Besar Pomdam I/BB, para Babinsa jajaran Kodim 0201/Medan, Kowad Kodam I/BB, anggota Polri jajaran Polda Sumut, Satpol PP Kota Medan, instansi pemerintah, PPAD Sumut, dan masyarakat sipil lainnya.

Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka menyambut HUT ke-78 Polisi Militer TNI Angkatan Darat (Pomad) 22 Juni 1946-22 Juni 2024.

Di Medan, kegiatannya dibuka langsung oleh Danpomdam I/BB, Kolonel Cpm Uncok AM Simanjuntak didampingi Ketua Persit KCK Ranting 5 POM Cabang III PD I/BB, Ny Uncok Simanjuntak, beserta Wadanpomdam I/BB, Letkol Cpm Roby Zulkarnaen.

Sebelum donor darah dimulai, Danpomdam I/BB bersama Wadanpomdam serta Perwira Staf, lebih dulu mengikuti video conference dengan Ws Danpuspomad, Mayjen TNI Eka Wijaya Permana, SH, didampingi Pejabat Utama Puspomad lainnya.

Dijelaskan Mayjen Eka, kegiatan donor darah ini digelar serentak di 78 titik di jajaran Polisi Militer TNI Angkatan Darat di Tanah Air.

“Donor darah ini sebagai bentuk kesadaran dan jiwa sosial dari Puspomad beserta satuan jajarannya dalam membantu pemenuhan stok darah di dalam negeri,” ucap Mayjen Eka.

Kegiatan ini, lanjutnya, juga selaras dengan motto Korps Polisi Militer TNI Angkatan Darat yang Profesional, Modern, Adaptif dan Tangguh, Siap Mendukung Keberhasilan Tugas Pokok TNI”.

“Kita yakin, satu tetes darah yang disumbangkan akan sangat membantu bagi mereka yang membutuhkan. Bahkan darah yang didonorkan bisa menyelamatkan nyawa orang lain,” ungkap Mayjen Eka.

READ  Kades Emplasmen Kualanamu Koko Kurniawan Diduga Perintahkan Perangkat Desa Cabut Plang Organisasi Wartawan IJBP

Oleh karena itu, Mayjen Eka memastikan, kegiatan donor darah seperti ini akan menjadi tradisi bagi Korps Polisi Militer TNI Angkatan Darat beserta satuan jajarannya di setiap peringatan hari ulang tahun.

“Semoga kegiatan ini akan meningkatkan animo dari segenap elemen bangsa kita untuk mendonorkan darah guna membantu sesama,” harapnya.

Dalam video conference tersebut, Mayjen Eka juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada seluruh satuan jajaran dan prajurit yang ikut berpartisipasi, termasuk kepada perwakilan POM TNI, POM AL, POM AU, Propam Mabes Polri, Yonwal Paspampres, Yonpomad Puspomad, serta pihak lainnya.

Semarak

Kegiatan donor darah di Mapomdam I/BB yang dikerjasamakan dengan UTD PMI Kota Medan, berlangsung cukup semarak.

Betapa tidak. Disaat para peserta tengah mengantri giliran menjadi pendonor, Danpomdam I/BB justeru memberi hiburan dengan menyaksikan lagu-lagu campursari, sambil sesekali menyapa langsung para peserta donor.

“Semangat pak Babinsa. Semangat Satpol PP. Darah kalian sangat berarti bagi mereka yang membutuhkan,” ucap Pamen TNI AD abituren Akmil 1996 itu.

Begitu juga para isteri Perwira Staf Pomdam I/BB yang tergabung dalam Persit KCK Ranting 5 POM Cabang III PD I/BB. Dipandu Ny Uncok Simanjuntak sebagai ketua, para ibu Persit terlihat antusias memberikan semangat kepada setiap peserta donor darah.

“Terima kasih bapak dan ibu sudah ikut berpartisipasi mendonorkan darahnya di acara menyambut HUT ke-78 Pomad Tahun 2024 ini. Semoga semakin sehat dan panjang usia,” ucap ibu-ibu Persit.

Perlu diketahui, donor darah secara rutin (3 bulan sekali untuk pria, dan 4 bulan sekali untuk wanita), memberikan banyak manfaat.

Tidak hanya membantu hidup orang lain, dimana satu kantong darah dapat menyelamatkan tiga nyawa, sering mendonorkan darah juga bisa membantu menurunkan berat badan, membantu membakar kalori, membantu melancarkan aliran darah, mengurangi kadar kolesterol, serta mencegah risiko penyakit jantung.

READ  KPU Kabupaten Batu Bara Ikuti Giat Orientasi Periode 2024-2029

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *