Bupati Samosir Bagikan Pupuk Gratis Di Desa Pardomuan I Dan Huta Tinggi

Samosir (Demon) Bupati Samosir Vandiko T. Gultom membagikan bantuan pupuk organik gratis kepada seluruh kelompok tani di Desa Pardomuan I dan Huta Tinggi Kecamatan Pangururan pada acara Bunga Desa pada dua desa tersebut,(06/02/24).

Pemberian bantuan tersebut sebagai bukti keseriusan Pemkab Samosir dalam pemenuhan pupuk bagi petani, dipastikan seluruh kelompok tani di kabupaten Samosir mendapat bantuan pupuk gratis. Vandiko menyebutkan, kuota pupuk kimia bersubdisi terbatas hanya dapat tertampung 40 persen dari RDKK yang diusulkan sehingga masyarakat diajak untuk beralih menggunakan pupuk organik. Sebagai solusi atas keterbatasan pupuk kimia bersubsidi, Pemkab. Samosir menggalakkan pelatihan pembuatan pupuk organik kepada kelompok tani.

Vandiko menjelaskan, penggunaan pupuk organik dengan kimia hasilnya tidak beda jauh, selain itu akan dapat memperpanjang umur pertanian. Setelah pemberian bantuan, diharapkan petani dapat mandiri dengan kemampuan membuat pupuk sendiri melalui pelatihan dari Dinas Pertanian melalui PPL.

“Saya komit memberikan pupuk organik gratis bagi kelompok tani yang terdaftar, akan tetapi pemberian bantuan ini bersifat stimulan sebagai perangsang bagi petani untuk mau belajar dan mampu memproduksi pupuk sendiri. Mari sama-sama belajar dan berlatih” ucap Vandiko mengajak masyarakat .

Lebih lanjut, Vandiko menyampaikan dalam program BPJS gratis, saat ini Pemkab Samosir sudah mencapai 99 persen dan mendapat penghargaan dari Wakil Presiden RI. Dengan pencapaian yang sangat tinggi bahkan diatas provinsi Sumatera Utara, masyarakat Samosir dapat mengakses fasilitas kesehatan hanya dengan membawa KTP Elektronik dan pengurusan BPJS baru dapat langsung aktif.

Berkantor di Desa Pardomuan I dan Hutatinggi, Bupati Samosir mendekatkan pelayanan dengan membawa pelayanan gratis. Upaya ini merupakan salah satu langkah untuk pemerataan, sehingga seluruh masyarakat baik di desa dan di kota mendapat pelayanan yang sama. Program Bunga desa untuk melihat secara langsung kondisi desa, bertemu dengan masyarakat dan mendengarkan apa yang menjadi kebutuhan masyarakat. “Banyak pelayanan yang kami bawa, mohon dimanfaatkan sebaik-baiknya dan saya harus memastikan bahwa kepala desa, BPD dan perangkat desa betul-betul melakukan pelayanan dengan baik” kata Vandiko.

READ  Rayakan Idul Fitri, Pj. Bupati Batu Bara Gelar Open House

Kepala Desa Hutatinggi Pargaulan Silalahi merasa bangga dengan segala perhatian Bupati Samosir, setelah sekian lama akhirnya masyarakatnya dapat merasakan kehadiran air bersih. Dengan sinergitas antara Desa, Pemkab Samosir dengan Pelindo dan PT. Astra pembangunan air bersih tersebut dapat rampung dan diresmikan Bupati Samosir ditandai dengan pengguntingan dan pemutaran kran. Selain itu Bupati Samosir juga melakukan penandatanganan prasasti pengembangan sarana dan prasana objek wisata berupa 1 unit kios dan 5 unit Gazebo hasil sinergitas dengan  kementerian desa. Melakukan peninjauan jalan dan Gedung Kantor Desa Pardomuan I dan lokasi pembangunan puskesmas.

Untuk tahun 2024, Vandiko menyampaikan Desa Pardomuan I akan mendapatkan bangunan Puskesmas senilai Rp. 9,7 M dan peningkatan SPAM  jaringan perpipaan 1,8 M .  Terkhusus untuk pembangunan puskesmas Bupati Samosir meminta agar lahan tidak bermasalah. Demikian juga dengan pembangunanan infrastruktur lainnya, masyarkat dihimbau untuk memanfaatkan keberadaan alat berat dengan baik dan bersepakat tentang pembebasan lahan. Untuk memenuhi permintaan masyarakat, Bupati Samosir mengerahkan alat berat untuk pembukaan jalan lingkungan, jalan usaha tani dan kebutuhan lainnya.  “Semua pelayanan gratis, termasuk alat berat yang penting masyarakat mau memberikan lahan tanpa ganti rugi” ungkap Vandiko.

Untuk tahun 2024 akan dilakukan sirtunisasi dan pembukaan jalan 2,5 km menuju lokasi pembangunan puskesmas,  lanjutan peningkatan jalan Lumban Pinggol 1 km dan sirtunisasi. Penataan pekarangan Pardomuan SDN 1 Pardomuan I Rp. 99 juta , jalan lingkungan parhapuran  Rp 192 juta.

Dalam Pemilu 14 Pebruari 2024 nanti, Bupati Samosir kembali mengajak masyarakat untuk ikut menyukseskan Pilpres dan Pileg. “Kita sudah merasakan banyak pembangunan, perhatian pemerintah pusat maka mari sukseskan pemilu dengan memberikan hak suara dan tidak golput” Ucap Vandiko mengakhiri.

READ  Rapat Koordinasi Lintas Sektoral, Kesiapan Operasi Ketupat Toba 2024 Polres Samosir

Anggota DPRD Samosir Saurtua Silalahi mengatakan mendukung program pemerintah dalam pelayanan kepada masyarakat dan akan ikut serta dalam memperjuangkan kebutuhan masyarakat.

Polten Simbolon mengatakan masyarakat dan pemerintah harus saling mendukung  dan menjaga pembangunan yang ada. Polten  yakin seluruh usulan yang disampaikan masyarakat secara bertahap akan tertangani. Turut hadir, Pabung 0210 TU G. Sebayang, Asisten I Tunggul Sinaga, Kadis Kominfo Immanuel Sitanggang, Pimpinan OPD, TBPP, Kades Pardomuan I Dirikon Simbolon, Kepala Desa Hutatinggi Pargaulan Silalahi, Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama.(pds)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *