Pra Musrenbang RKPD Sumut 2025, Bupati Samosir Usulkan Penanganan Jalan Provinsi Di Kab Samosir

Samosir (Demon) Bupati Samosir, Vandiko T. Gultom mengusulkan lanjutan penanganan jalan provinsi di Kabupaten Samosir. Hal tersebut disampaikan dalam pra musrenbang RKPD Sumut 2025 yang dilaksanakan di Hotel Sibayak Kabupaten Karo,(16/01/24).

Vandiko menyebutkan di Kabupaten Samosir terdapat 3 ruas jalan provinsi dan sangat perlu mendapat perhatian lanjutan dari Provinsi Sumatera Utara tahun 2024 ini, untuk meningkatkan perekonomian masyarakat juga karena merupakan akses penghubung antar kecamatan dan antar Kabupaten. Ketiga ruas jalan provinsi tersebut diantaranya ruas jalan Sp. Gotting-Janji Raja, ruas jalan Simarmata-Sinapuran dan Palipi-Parmonangan.

Selain itu, Bupati Samosir mengusulkan bantuan Bioflok bagi petani ikan yang terdampak akibat penertiban KJA, bantuan alat pertanian untuk pembuatan pupuk organik, sekolah SMA unggulan untuk menunjang sektor pendidikan, penyediaan alat-alat kesehatan serta usulan lainnya yang menyangkut kebutuhan masyarakat.

“Kami siap bersinergi dalam penyusunan Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah  dan Rencana Kerja Pembangunan Daerah Sumut 2025 . Semoga usulan kami dapat diakomodir, atas dukungan Sumut ke Samosir, semoga Sumut semakin baik dan seluruh kabupaten/kota semakin sejahtera” tandas Vandiko.

Bupati Samosir menyampaikan Capaian makro pembangunan di Kabupaten Samosir yaitu, peningkatan pertumbuhan ekonomi berdasarkan PDRB sebesar 1,83 persen, penurunan angka kemiskinan 0,11 poin,  penurunan tingkat pengangguran terbuka sebesar 1,03 persen, peningkatan indeks pembangunan manusia sebesar 0,36 poin (pada dimensi umur panjang, hidup sehat, pengetahuan dan standar hidup layak), indeks gini sebesar 0,251 poin yang artinya pengeluaran penduduk masih pada kategori tingkat ketimpangan rendah, pertumbuhan pendapatan perkapita sebesar 7,36 persen dan tingkat Inflasi di Kabupaten Samosir relatif terkendali, periode Desember 2022-Desember 2023 sebesar 1,44 persen, lebih dipengaruhi kenaikan harga Bapokting.

Untuk mendukung visi pembangunan Provinsi Sumatera Utara “Sumatera Utara Unggul Maju dan berkelanjutan” dan visi Indonesia Emas 2045 “Negara Nusantara Berdaulat, Maju dan Berkelanjutan”, Pemkab Samosir telah menyusun visi pembangunan 2025-2045 yaitu Samosir Maju, Sejahtera dan Berkelanjutan.

READ  Siswa Mts Darul Ilmi Belajar Di Ruangan Musholla ,,KEMENAG Deli Serdang Tutup Mata.

Dalam rangkaian acara, Kepala Bappeda Litbang Kabupaten Samosir Rajoki Simarmata menerima bantuan dari Provinsi Sumatera Utara untuk tahun 2024 yang diserahkan secara simbolis oleh Pj. Gubsu. Bantuan tersebut diantaranya, benih kopi 30.000 batang, pupuk organik 30.000 kg, benih lamtoro 6.000 batang, 2 unit Combine Harvester Besar, 1 unit mesin Chopper, mesin pengolahan kopi (roasting dan Grinder), sarana pasca panen kopi (1 unit mesin huller, 6 unit pulper kopi), bibit pohon produktif untuk penghijauan dan 50 unit bantuan rumah tidak layak huni (RTLH).

Pj. Gubsu Hassanudin, mengatakan potensi yang paling menonjol dari zona dataran tinggi adalah sektor pariwisata sebagaimana ditetapkanya Danau Toba sebagai DPSP, selain itu juga sektor pertanian hortikultura, perkebunan. Dalam upaya pengembangan potensi-potensi yang dimiliki, ada beberapa hal yang perlu dipersiapkan yaitu sumber daya manusia, kelembagaan masyarakat yang kuat, sarana prasarana, konektifitas dan aksebilitas.

Pj. Gubsu mengajak seluruh kabupaten/ kota menyinkronkan program prioritas sejalan dengan program pusat, meninggalkan ego sektoral dan kewilayahan. “Program pusat sampai ke daerah harus diintegrasikan sehingga seluruh sasaran mudah untuk dicapai. Masing-masing zona juga harus saling terintegrasi”, kata Hassanudin.

Lebih lanjut menjelaskan, 4 hal yang menjadi prioritas rencana pembangunan di Sumatera Utara yakni Peningkatan kualitas SDM, peningkatan pertumbuhan ekonomi inklusif, peningkatan kualitas infrastruktur berkelanjutan dan peningkatan tata kelola pemerintahan yang berkualitas dan inovatif. Dengan keempat skala prioritas tersebut, Hassanudin yakin Sumut akan maju,  mandiri dan sejahtera. “Saya yakin yang hadir disini adalah orang-orang hebat,  mari berikan masukan, ide-ide dan gagasan yang membawa perubahan lebih baik bagi pembangunan di seluruh wilayah Sumatera Utara”, ajak Hassanudin.

Dalam kesempatan ini Bupati Samosir, Vandiko T. Gultom bersama Kepala Daerah Kabupaten/kota lainnya mendampingi PJ. Gubsu membuka pra Musrenbang RKPD Sumut 2025 yang ditandai dengan hand screen.

READ  Komitmen Polres Labuhanbatu : Ungkap Kasus Penyalahgunaan Narkotika Jenis Sabu Desa Pangkal Lunang Kecamatan Kualu Leidong, 2 Orang Tertangkap

Tampak hadir antara lain, Bupati Karo Cory Sriwaty Sebayang,  Bupati Toba Poltak Sitorus, Bupati Dairi Eddy Keleng Ate Berutu, Bupati Humbang Hasudutan Dosmar Banjarnahor, Bupati Pakpak Barat Franc Bernad Tumanggor, Walikota Pematang Siantar dr Susanti Dewayani, Wakil Bupati Tapanuli Utara Sarlandy Hutabarat, Bupati Simalungun Radiapoh H Sinaga dan para pimpinan OPD Provinsi Sumut dan Kabupaten/Kota.(pds)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *